Blinking Cute Box Cat Blinking Cute Box Cat

12.02.2015

#03 - Tugas Prakarya

Halooo!
Hari ini saya posting beberapa post ya ehehe.

Kali ini, saya ingin berbagi tentang kegiatan belajar mengajar di SMAN 1 Bekasi mata pelajaran PKWU (Prakarya dan Kewirausahaan). Karena sekolah saya sudah menggunakan Kurikulum 2013, maka pelajaran PKWU ini masuk ke dalam salah satu mata pelajaran wajib/umum.

Di kelas X ini, kami diminta membuat tugas praktek dengan bahan dasar kain flanel. Di kelas, kami dibagi menjadi beberapa kelompok, yang satu kelompoknya beranggotakan empat sampai lima siswa/i. Nah, saya sekelompok dengan Dina, Dalila, Azzahro, dan Fadhil. Nah, masing-masing kelompok itu tugasnya beda-beda (pembagiannya pake kocokan). Kita kebagian tugas membuat replika buah dengan bahan dasar kain flanel. Pada awalnya kita sempat mengeluh, karena kita mendapat tugas yang cukup sulit dan membutuhkan waktu lama untuk membuatnya. Tapi, yaudahlah kita jalanin aja toh ada hikmahnya dibalik itu semua, kita jadi makin akrab satu sama lain meskipun gua suka ngeselin di kelompok HAHAHA.

Ini dia hasil kerja kelompok kita.
Oke, saya bakal jelasin teks prosedur pembuatannya dan bahan-bahan yang dibutuhkan.

1. Siapkan bahan-bahannya, yaitu:
  • Kain flanel dengan variasi warna yang bermacam-macam (tergantung kamu mau buat buah apa, sesuaikan aja warnanya)
  • Alat jahit (jarum dan benang jahit biasa)
  • Pensil (kalau bisa yang HB aja biar tipis) dan penghapus
  • Gunting
  • Dakron
  • Lem (opsional)
  • Jangka (opsional)
Ini merupakan bahan-bahan yang kita pakai, tapi tidak semua kita foto.
Dan sudah ada yang jadi (jeruk, belum dikasih tangkai & daun) serta
beberapa pola yang sudah jadi.
2. Mulai membuat pola! buatlah pola sesuai dengan buah apa yang ingin kamu buat. Contoh: jika ingin membuat buah jeruk, siapkan kain flanel berwarna orens kemudian gambarlah polanya langsung di kain flanelnya dengan garis yang sangat tipis (agar tidak mengotori kain flanel) berupa lingkaran. Diameternya disesuaikan saja, kamu ingin membuat jeruk yang ukurannya sebesar apa? Buatlah pola lingkarannya lebih besar dari bentuk yang kamu mau.


saya sedang membuat pola.
3. Mulai menjahit! pertama-tama masukkan dulu benang ke dalam jarum, kemudian bersiaplah untuk menjahit. Contoh: jika ingin membuat jeruk, jahitlah di sekeliling flanel (jaraknya sedikit saja dari tepian) dengan tusuk jelujur. Jahitlah dengan rapi dan jaraknya jangan terlalu berjauhan. 
Ini Fadhil yang sedang menjahit.
4. Masukkan Dakron! Contoh: (melanjutkan yang jeruk tadi) setelah sudah dijahit sampai bertemu titik awal taruhlah dakron secukupnya di tengah-tengah pola, kemudian tariklah jarumnya maka lingkaran tersebut mulai terlihat mengkerut.

Ini Dina yang (juga) sedang menjahit, abis itu mau
masukkin dakron.
5. Finishing! Contoh: (melanjutkan yang jeruk tadi) setelah mengkerut begitu, kemudian jahit kembali bagian atasnya dengan cara jahit sembarang (yang penting rapi) gunanya untuk merapatkan bagian atasnya. Jika sudah selesai, ikatlah benang kemudian potong dengan gunting. Nah jeruk tersebut sudah terbentuk, tahapan paling terakhir adalah menambahkan batang (dengan flanel cokelat) dan daun (dengan flanel hijau) kemudian jahit dan satukan ke replika jeruk tersebut. Maka jadilah sebuah replika jeruk!

Mohon maaf saya tidak mencantumkan gambar step by step pembuatan, dan mohon maaf kalau informasinya (masih sangat) kurang.

Cobalah membuat replika buah lain. Untuk polanya, coba kembangkan daya imajinasimu, pikirkan! misalnya ingin membuat buah mangga maka bentuklah pola seperti bentuk kacang almond yang kembar siam. kemudian jahit di pinggirannya (menyatukan sisi yang satu dengan yang lainnya) kemudian jika sudah hampir selesai, jahitannya dibalik agar tidak kelihatan tempat jahitannya. Kemudian masukkan dakron, lalu rapatkan, dan untuk sentuhan akhir tambahkan batang dan daunnya. 

Jika kamu kesulitan dalam membuat pola atau tidak terpikir bagaimana caranya, kamu bisa browsing di internet, banyak sekali website-website yang menjelaskan tentang prosedur membuat replika buah dari kain flanel. Atau kamu bisa juga cari video cara membuat replika buah dari kain flanel^^

Semoga informasi ini bermanfaat!
Salam Kreatif,
Nina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar